CARA HIDUP BAHAGIA

Hai gaes… postingan gua sebelumnya isinya khotbah semua yak? Ok, kali ini gua mau sharing tentang Cara Hidup Bahagia

1. Well Being

Kita sehat jasmani dan Sehat Rohani

Kita evaluasi diri gua dulu. Tahun 2014 gua sering sakit. So, sehat jasmani kurang. Tapi Puji Tuhan, tahun 2015 ini gua sempat pusing-pusing dan udah lumayan lebih cepat berkurang dibandingkan tahun lalu. Dan gua juga udah sembuh, ya gua percaya gua udah sembuh.

Soal Sehat Rohani, ehmmm,,, kayaknya gua masih sakit Rohani deh. SaTe gua sih lancar, tapi doanya seadanya dan masih suka bolong-bolong baca Firman sampe kemarin.

Jadi gua kasih nilai C untuk aspek Well Being ini..

2. Wisdom

Kearifan.Kita bijaksana dalam hidup ini untuk atur waktu, uang, dan bakat kita…

Gua masih suka internetan ga jelas sampe lama banget… Dan PR gua ga selesai.

gua kasih nilai E

3. Wonder

Miliki rasa takjub dan bersyukur senantiasa kepada Tuhan

Kalo untuk hal ini, Kemurahan Tuhan tiap hari di 2015 ini selalu ada aja buat gua. Gua bersyukur banget untuk hal-hal yang udah gua terima dari Dia. Gua kasih ini nilai A.

4. Giving

Memberi pengampunan, penghormatan dan semangat kuliah.

Soal ini, nilainya gua bagi 3 ya,,,

  • Pengampunan

Untuk ini, gua sudah mulai mengampuni 2 orang yang gua sangat benci… Tapi, rasanya hampir mustahil untuk bertemu dengan mereka. Permintaan gua sama Tuhan semoga suatu hari nanti di tahun ini, gua bisa ketemu dengan mereka secara ga sengaja secara pribadi dan menyatakan kalau gua udah mengampuni mereka. Dan semoga sewaktu gua bertemu nanti dengan mereka, Roh Kudus berkuasa dalam lidah dan hati serta pikiran gua, sehingga setiap perkataan yang gua ungkapkan dapat mereka terima dengan baik dan mereka bisa bertobat, begitupun juga gua mungkin aja gua punya dosa yang lebih banyak dibandingkan mereka. Toh mereka masih manusia, mereka pasti bisa melakukan kesalahan. Nilainya C

  • Penghormatan

Terkadang, bukan deng.. seringkali sikap ‘senior’ gua yang menyebalkan, cerewet dan sebagainya buat gua suka mengacuhkan nasihat yang mereka beri, mengabaikannya… Gua masu lebih mendengarkan kalian lagi, biarpun kalian sering nyebelin :’) Nilainya D

  • Semangat Kuliah

Bukan pencitraan, tapi gua belum fokus kuliah, ga semangat gua.. Ayo la… lebih semangat lagi!!!

Nilainya D

Jadi, kesimpulannya yang nilainya A cuma Wonder aja la? Kasian 😦 -___-

Ayo la, berubah…

Kalian yang baca, selamat mengevaluasi diri juga ya… Semoga jadi lebih baik…

Advertisements

Ibadah Natal Pulomas 14 Desember 2014

Yohanes 3:16

Efesus 1:4

Bagaimana supaya kita kudus?

  1. Kita hanya dikuduskan oleh darah Yesus Kristus
  2. Hanya melalui Firman Tuhan
  3. Melalui Roh Kudus

Efesus 1:7

1 Yohanes 4 :7-21

Barangsiapa yang takut, ia tidak sempurna di dalam Kasih

Efesus 3:18-19;12-13;16-17

Jangan tawar hati! Orang yang tawar hati tidak bisa masuk dalam kemurahan Tuhan!

Tuhan berkati! 🙂 🙂 🙂

Ibadah Natal Perkantas 6 Desember 2014

Ibrani 10:19-25

Pembicara: Ev. Inawaty Teddy, Th.M

Natal itu adalah penantian yang lama bagi orang Yahudi.

Dalam Ibrani 10:4

Ga mungkin darah binatang menghapus dosa manusia.

Dulu, yang bisa masuk Ruang Maha Kudus, cuma imam saja. Sekarang, kita bisa masuk karena Tuhan membuka tabirNya, yaitu di dalam diriNya sendiri.

Maka, perubahan tersebut harusnya membawa kita pada beberapa hal, yaitu:

  • Iman (ayat 22)
  • Pengharapan
  • Kasih

Marilah kita datang menghadap Allah dengan keyakinan iman kepada mesias, yaitu Yesus Kristus. Haruslah iman yang sejati, supaya kita bisa datang ke hadirat Tuhan dengan keyakinan iman yang teguh (saat badai datang, kita tetap beriman pada Tuhan, dan ga jadi murtad).

Waktu ibadah ini, saya berada dalam titik terpuruk hidup saya jujur. Waktu itu saya mau dioperasi dan mama saya sedang dirawat di Rumah Sakit karena Kolik Renal. Dan malah, dia yang menyuruh saya untuk ikut dengan teman-teman saya ke Natal ini. Dan Puji Tuhan, saya mendapat pesan keras dari Tuhan bahwa kalo lu berbuah la, lu bakal teguh la, ga sedih kayak gini… Yah elah, baru gini doang udah lemah…

Jujur saja semenjak bapak saya meninggal kira-kira 11 tahun yang lalu, setiap kali mama sakit, bahkan sakit biasa pun saya takut, bahkan jadi marah-marah sama mama, karena saya takut dia kenapa-kenapa. Belum lagi, kesehatan saya sendiri yang entah bagaimana, huh… Tuhan, serasa dunia ini setengah runtuh waktu itu…

Matius 13:18 sampai habis perikopnya,,, berbicara mengenai Perumpamaan seorang penabur.

Yohanes 15:1-2

Ada orang yang tidak berbuah bisa masuk Surga, hanya kita tidak bisa yakin kita adalah orang yang diselamatkan atau belum.

1 Korintus 3:12-15

Iman tanpa pengharapan itu mati. Pengharapan adalah sesuatu yang belum keliatan. Penderitaan kita tidak ada apa-apanya dengan kemuliaan yang akan kita terima nantinya.

Tuhan memerintahkan kita tidak untuk hidup, tapi untuk taat.

Kita ga mungkin taat, kalo kita ga punya iman dengan pengharapan pada Tuhan.

Yohanes 13:34-35

Kalo kita saling mengasihi, orang akan tahu kalo kita murid Tuhan.

Mengasihi sesama = Mengasihi diri sendiri

Mengasihi seiman = Mengasihi Tuhan

Kejadian 2:18

Tuhan berkati! 🙂 🙂 🙂

IBADAH 2 JPCC KOTA KASABLANKA 23 NOVEMBER 2014

By: Ps.Jeffey Rachmat

Menjadi Dewasa

Tujuan Kehidupan bukanlah kesempurnaan, tapi kedewasaan.

Jangan menuntut Pasangan Hidup anda nantinya untuk menjadi orang yang sempurna.

Singkirkan ‘Goal’ yang keliru!

Untuk menjadi dewasa, dituntut suatu keputusan. Jadi, kita dituntut untuk menjadi dewasa.

Efesus 4:11-16

Fase-fase kehidupan:

  • Fase Dependent (ketergantungan)

Butuh pertolongan orang lain. Kalau kita punya sifat selfish, sulit untuk berbagi dengan orang lain. Oleh karena itu, jangan takut untuk beri kesaksian!

  • Fase Independent (mandiri)

Seseorang belajar untuk dewasa, ga ngerepotin orang lain dan ga bisa dimintain bantuan.

  • Fase berbuah (interdependent)

Seseorang menjadi dewasa penuh. Sendiri bisa, kerjasama juga bisa.

1 orang lawan 1000

2 orang lawan 10000

Suka berbagi, tidak merasa tersaingi, mengerti akan kebenaran. Orang-orang di sini hanya perlu Low Maintenance…

Mereka selalu berkata, “Apa yang saya bisa bantu? Apa yang bisa saya tolong? Ada yang bisa didoakan?”

Kita bisa menerima dan harus bisa mengajar orang lain, berbagi dengan orang lain.

So, get your understanding!

Kisah Para Rasul 3:1-16

Kalo kita ikut Yesus tiap hari, jangan heran kalo kita sering liat mujizatNya (karena itu adalah hal yang biasa bagiNya)

Gua harus yakin, kalo pasti ada mujizat buat gua untuk sembuh total dari penyakit gua…

Ayat 16

“… Dan kepercayaan pada nama Yesus itu telah memberi kesembuhan kepada orang ini di depan kamu semua.”

Punyailah visi kalo suatu hari saya bisa sendiri, jangan duduk (lumpuh dalam kesehatan) terus!

Berbahagialah punya teman-teman yang bisa membawa kita mengenal kebenaran (menolong saya untuk bisa bangkit sendiri)

Next level in Life need different Approach.


Waktu gua sakit dan pertama kali datang berobat waktu itu, gua udah buat janji sama Tuhan kalo gua sembuh, setelah gua 8 tahun kerja di Instansi gua, gua mau melakukan sesuatu secara Fulltime … Dan dari kutipan di atas, kita diajarkan bahwa ketika kita terpuruk, sakit dan lain sebagainya, kita cukup percaya dan berdoa sama Tuhan kalo Tuhan sanggup untuk melakukan perkaraNya buat kita. Tapi, setelah kita sudah sehat, sudah sembuh, inilah waktunya bagi kita untuk melayani, untuk lebih produktif lagi, enath itu di pekerjaan kita, di sekolah kita, di perkuliahan kita, atau dimana saja Tuhan tempatkan kita berada.

Keluaran 16:35

Yosua 5:12

Bahagia itu saat kita bisa memberi…

Tuhan berkati!

🙂 🙂 🙂

Ibadah 1 JPCC Kota Casablanca 2 November 2014

Perjalanan menuju Kedewasaan

Common Sense (akal yang sehat)

Mengikuti Tuhan itu aktif, ga pasif…

Hidup di dalam Tuhan bukan menunggu.

Matius 7:7-8

Kita tidak diam saja. Kita harus aktif. Jangan berharap!!! Minta, cari, ketuk!! Segala sesuatu sudah dipersiapkan bagi mereka yang aktif. Kita takut ngetuk karena takut sama jawaban “TIDAK”

Tapi…

Kalo kita diam saja, kita ga akan pernah tahu. Jadi, untuk bergerak itu butuh iman. Beriman kalo ada sekolah buat saya. Kalo diam saja, kita akan mulai self pity (rendah diri). Jadi, lakukan sebaik mungkin dan sebenar mungkin dan Tuhan akan melakukan bagianNya (sisaNya)

Supernatural

Nature itu bagian kita

Super itu bagian Tuhan

Amsal 12:27

Dengan bermlas-malasan, tidak akan tercapai apa yang didambakan.

Don’t just work hard, but work smart…

Ibrani 5 :11-14

Kalo kata GPS ke kanan, aku ke kiri maka aku akan terhambat…

Harus jadi Date Leader beberapa tahun lagi ya la…

Harus mau dengerin, cepat mendengar, cepat mengerti…

Tujuan penggembalaan adalah membuat orang menjadi dewasa (bisa melakukan segala sesuatunya sendiri)

Tujuan dalam kehidupan bukanlah kesmpurnaan, tapi kedewasaan (dimulai dari keberanian untuk bertanggungjawab). Pemikiran kita harus dewasa. Jangan bersandar sama pemikiran sendiri ( Lukas 12:54-57)

You don’t have to be genius to understand these, just use your common sense.

Akal sehat akan diperbarui oleh Tuhan.

Bangun dasar dulu La!!!

1 Korintus 15:33

Amsal 3:21-26

Amsal 21:16

Amsal 10:21

Persekutuan Jumat PMK STIS 17 Oktober 2014

Pembicara: Bang Yohanes

Unity in Christ

1 Korintus 12:12-13 (bersatu tapi beragam)

1. Jangan jadikan perbedaan sebagai hambatan

1 Korintus 12:14

Kita punya tugas masing-masing.

Tuhan kasih kita fungsi dan fungsi-fungsi yang vital (ada kualitas yang berbeda)

1 Korintus 12:23-24 (sangat aneh kalo dalam Tubuh Kristus, semua kepribadian sama)

2. Kita harus punya tujuan yang jelas, sama seperti pengenalan akan Kristus

Kenal ga sama siapa Kristus itu?

Orang yang dekat dengan Kristus, belum tentu mengenal Kristus. Agama kita ga menyelamatkan kita, kalo kita CUMAN KRISTEN KTP.

Ga boleh lupa baca Alkitab ya la!!!

Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan.

3. Bagaimana kita meneruskan kasih Allah bagi sesama?

Mempraktekkan Kasih Kristus.

Ayat 25-26

Supaya kita bisa saling memperhatikan. Kita ga boleh jadi orang yang egois, sombong…

Ibadah JPCC KOTA CASABLANCA 16 NOVEMBER 2014

By: Ps Mark McCledon

Season is change

Musim di hidup kita pasti akan berubah

2 Korintus 5:17

Perjalanan melintasi jalan untuk naik level supaya kita makin serupa di dalam Kristus.

Ini saatnya kita beritakan Injil pada generasi kita…

Matius 24:14

Kita beruntung bisa hidup di zaman ini, sebagai pelari ‘estafet’ terakhir. Maka dari itu, kita harus kuat dalam identitas kita dalam Kristus supaya bisa dewasa.

Efesus 4:13 (sesuatu yang dahsyat, rancangan Tuhan supaya kita serupa dengan Kristus. Orang yang melihat, harus mengakui kalau dalam diri kita, bukan kita lagi, tapi Tuhan Yesus Kristus)

Banyak dari kita yang pake ‘Cheap Christianity’ dimana ada botolnya yang bagus sama seperti ‘Expensive Christianity’, tapi bukan harum (Kristus) yang terasa, yang nampak.

Efesus 3:17

God’s making prophets in my heart.

Kristus harus diam dan berakar di dalam kita. Tuhan membuat rumahNya dalam hati kita karena kita sudah ditebus dan kita sebagai milikNya.

Jadi, minta apa saja pada Tuhan dengan berbelas kasihan.

Kita sudah dibeli dan harganya sudah lunas dibayar.

Jadi apa Kristus tinggal tetap di hati kita ? Atau Kristus cuma nge-kost sementara di hati kita?

Identitas >> Relationship (Efesus 3 :18-19)

Mengejar kedewasaan itu harus dilalui, meskipun tidak mudah..

Identity >> Hubungan Cinta >> Titik penjenuhan >> Efesus 3 :20-21 (Ternyata yang dikerjakan Tuhan bukan karya Tuhan yang hebat dari tangan kita, tapi lebih daripada apa yang kita doakan)

Semoga diberkati… Happy Sunday!!!