PJ Perdana di Balok II

Hai hai hai.. hari ini cukup mengesankan buatku pribadi yang untuk pertama kali di tingkat baru mengikuti Persekutuan Jumat (PJ) PMK STIS. Hari ini aku akan bagikan hal-hal yang kudapat melalui firman yang disampaikan oleh pembicaranya tadi. Tapi sebelum itu aku mau kasih tau kabar gembira loh buat semuanya. Mau tau? WE LIVE.. IT’S ONLY BY HIS GRACE (JESUS CHRIST). Tapi sih tema dari PJ tadi itu sendiri GRACE AND GRATITUDE.

Kita bisa buka di Kolose 2:12-17..
Sebenernya, apa sih anugerah itu?
1. Anugerah itu memiliki nilai yang sangat amat luar biasa mulia. Dimana seperti harta yang sangat berharga, pasti kita jaga dengan sebaik-baiknya.
Saya sering merasa dan merenungkan sebenernya saya kuliah disini itu anugerah atau kenapa? Jujur, saya rasa beban saya berat kuliah disini. Tapi, seketika itu juga tadi saya tersentak karena pembicaranya bilang kalau kita sudah diizinkan Tuhan berada di sini, nikmatilah! Bersyukur! Jangan Bersungut-sungut! Adek-adek tingkat 1, jangan takut ya… Kalo saya sama temen-temen saya gak bisa bantuin kalian karena sibuk, kami akan mendoakan kalian selalu, kalian harus tetep survive di sini. Tuhan udah izinkan kalian di sini, dan kalian pasti bisa melewati semuanya. Dan saya bersyukur salah seorang temen saya udah mulai ajarin kalian. Jangan ngeluh ya.. Emang sih ga gampang buat ngejalaninnya, tapi kalian harus belajar keras dan manajemen waktu kalian dengan baik. Kalian pasti bisa. Saya sendiri juga kewalahan kalo ingat pelajaran saya di Tingkat 2 ini begitu cetar membahana kesulitannya, belum banyak lagi… Tapi, ayo mengucap syukur sama Tuhan!!! Keluhanmu itu ga akan menambahkan sedikitpun hal baik (Kata temen sekelas saya tingkat 1 :’) Saya rindu dia).

2. Karena begitu berharganya anugerah itu, sebenarnya kita gak layak menerimanya. Bayangin nih ya, kita udah berbuat dosa sama Tuhan. Tuhan udah baik sama kita. Tapi, Dia kasih keselamatan secara cuma-cuma.. Itu anugerah kan?

3. Kita gak punya kemampuan sedikitpun untuk menerimanya. Ilustrasi yang dikasih pembicaranya gini. Misalnya seorang bapak suruh anaknya yang masih 5 bulan untuk nyamperin dia di lantai 6 dari bawah, emang bisa? Ga kan?
Si Bapak itu harus turun lalu gendong anaknya dan melewati tangga demi tangga. Begitu pun kita dengan Tuhan. Sering kali saya pribadi sedih luar biasa menghadapi hal-hal yang saya alami, saya gak tau apa yang harus saya lakukan. Rasanya saya ga sanggup lagi Tuhan. Tapi, Puji Tuhan semuanya berlalu, saya melewati segalanya karena Tuhan ada bersama saya. Saya ga bakal tau masalah apa yang kamu hadapi sekarang, apa pelajaran kuliah susah? Apa kamu lagi sakit parah? atau apalah… Saya hanya mau bilang, ayo semangat!!! Jangan takut, Tuhan bakal buat kita sukses! Tuhan yang sembuhkan kita! Kita ga sendirian tau!!! Hey, kita ga sendirian. Yang kita perlu belajar rajin, manajemen waktu kita dengan baik, jaga kesehatan dan berdoa serta usaha keras biar semua cita-cita kita tercapai. Jangan putus asa-Dia selalu bersama kita apapun yang kita rasakan sekarang.

4. Sebenernya waktu anugerah itu dikasih kita ga bisa menolaknya lagi.

5. Jumlahnya berlimpah-limpah. Ga bisa dihitung deh anugerah Tuhan itu.

Damai Sejahtera yang sejati itu adalah tenang di dalam Allah dan siap dalam kondisi apapun. Makanya perlu sekali damai sejahtera, kalo ga yang ada malah kemarahan.

Selalu mengucap syukur!!! God is able and He’s Omnipresent.

Godspeed!!! 🙂 🙂 🙂

Sejujurnya…

Bye bye balok 1 Di tingkat itu, aku terkesan dengan 1M
Bye bye balok 1
Di tingkat itu, aku terkesan dengan 1M

Sesi 3 batal dan aku bisa sempatkan diri hanya untuk sekedar menulis ini. Di tengah jalan aku ketemu dengan banyak anak 55 cowok sama cewek yang tersenyum pada “kakak tingkatnya” ini. Aku masih kaku dan melangkah ke kelas dengan bilang hey.. Ikutin pelajaran MPC Teori sama pak Purwanto Ruslam, “Dibalik data ada seribu makna.” Yes, itu benar sekali…

Tapi, aku masih saja kesepian. Karena orang-orang yang suka ganggu aku beda kelas 😦 Gak ada lagi yang panggil kikil, lalay, bu bos, priskil, dan ngejek-ngejekin aku tanpa alasan rasional… Gak ada lagi yang nyanyi korea sama aku 😦 Gak ada lagi orang iseng tukang coret-coret buku aku di bagian belakang sama sekalian tandatangan dan tulis nama sama tanggal hari itu..

Aku belum bisa move on dari kalian… Sejujurnya meskipun gangguan kalian sering bikin aku kesel, aku rindu itu… Aku rindu kalian. Dari tadi aku di kelas cuma pura-pura senyum sama ketawa, belum ikhlas dari hatiku terdalam.

Mungkin iya, kita gak perlu move on, karena kita adalah sebuah keluarga… Kalian pasti selalu ku ingat, tapi kita sudah berada di kelas berbeda, kita harus memulai hal baru dan mencoba untuk menikmatinya.. Semoga kita semua wisuda 2016 dengan nilai sangat memuaskan ya..

Makasih buat selama ini. 🙂 🙂 🙂

Kosong sementara

Yah, senin dah kuliah… 😦 Harus adaptasi ulang dengan lingkungan baru, belum lagi bukan cuma kuliah kerjaan sekarang, kira-kira ada ada 4-8 hal lain yang harus dikerjakan. Mana pelajaran tingkat 2 lebih susah lagi dari tingkat 1. Curhat sedikit aja, numpang… Yah, disyukuri aja, yang penting ntar lulus biar IP besarnya gak cetar membahana, setidaknya Ilmu dan Skill yang saya punya harus bisa melebihi standar sarjana biasanya… Saya gak mau jadi sarjana otak kosong yang cuma tau ngerjain soal, tapi gak bisa nerapinnya di kehidupan sehari-hari. Buat apa, IP tinggi, tapi …….

Karena saya udah janji sama mama saya buat fokus dan gak main-main kayak tingkat 1, mungkin hobi saya nulis blog bakal jarang, karena emang pasti gak ada waktu.. Saya pasti tulis blog lagi, tapi ntah kapan itu… Bukan ucapan perpisahan nih, tpi lebih ke arah berpisah sementara aja, karena biasanya saya selalu tulis hal-hal berkesan yang saya alami di blog ini.

Dan kalo beberapa target saya sudah mulai rampung perlahan, saya akan publish di blog ini kalo saya ada waktu… Saya berharap sih, saya gak cerita hal gak penting buat orang mengenai apa yang saya alami ke depannya, toh juga kurang bermanfaat saya rasa. Mungkin saya akan publish soal yang penting dan nambah wawasan sama kepercayaan kita aja. Terimakasih banyak sudah baca blog ini selama ini.

Tuhan memberkati, Sampai jumpa di waktu luang 🙂 😀

2K STIS 54, Welcome to my life!!!

Sedikit tersirat di hati kalo pengumuman kelas hari ini… Agak bete karena baru control ke Dokter gigi, sekedar iseng buka facebook hari ini dan status bang B, masuk 3sk3… Dengan deg-degan saya buka SIPADU dan tada 2K (Statistika pasti 🙂 hehehe) Ya, saya takut banget masuk jurusan komputasi statistik.. biarpun statistik hitungan dan rumusnya cetar membahana, setidaknya chemistry saya masih ada di sana, saya gak tau apa-apa soal program. Dan feeling saya dengan teman-teman sekontrakan saya bahwa diantara kami ada yang sekelas terbukti juga… padahal kami gak mau sekelas sama siapapun diantara kami… malah R yang sekamar sama S, satu kelas, dan satu kamar, serta 3 tahun SMA sekelas, bertemu lagi… hal serupa juga terjadi sama diri saya, saya sekelas sama N, yang notabene teman SMP saya, dan teman SMA saya yang notabene sekali lagi sekelas.. ya elah, kenapa garis pertemanan saya muter di situ-situ mulu ya? Tapi saya seneng karna salah satu orang yang saya harapkan sekelas sama saya, sekelas saya… hehehe, biarpun di message tadi saya bilang TIDAK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Semua orang pada heboh-heboh gitu deh, dan di sbelah kamar saya ada yang lagi agak patah hati karena sekelas bareng, gak patah hati juga sih… nah kalo saya beda lagi, saya lompat-lompat karena berhasil kabur dari jurusan Komputasi, tahun lalu katanya 1M yang masuk statistik cuma 4 orang… Huh, sekelas saya gokil-gokil nih tingkat 2, dan pada pinter-pinter, dan ya gitu deh, sulit diungkapkan dengan kata-kata…

Nih ya, sekelas saya ada wasistha, made, akhadhy, boby, acik, regina, ilhamuddin, astari, irta, widi, suci, muin, shoim, irma, ari, alvina sama cecil… Tuh baru yang setau saya loh… Dan rencana tidur siang saya kacau balau berantakan, gara-gara masih koordinasi sama otak dalam beberapa hal yang gak bisa saya terima…

Semoga, kelas 2K jauh lebih baik dan kita bisa saling mendukung, tanpa egoism..

Yah, udah makin tua aja, Puji Tuhan anak 55 call me please kak priskila …. hehehe 😀

Dataran Tinggi itu…

Dataran tinggi.. Dari sini semua terlihat, semua dapat terasa… hawa dingin yang seakan menusuk dalam paru bahkan menyesakkan ketika makin turun.. Di sekelilingku, ku lihat banyak rasa syukur bangkit, mencuat, terpesonakah? Ya, bisa jadi, melihat keindahan ciptaan Tuhan… Apalagi kalau kau jalani hingga titik puncaknya sobat, kau tau itu tak mudah.. Itu tak segampang membalikkan telapak tangan atau minta jin dalam lampu ajaib untuk seketika Cling… Tada… Kau sampai di puncak dari semua keindahan yang bisa kau rasa.

Biarpun aku belum sampai puncak, tapi 1/3 dari perjalannya saja sudah cukup membuat nafas hampir putus.. Melelahkan.. sangat melelahkan. Tapi aku tak tahu harus berkata apa, bahwa Tuhan yang luar biasa sanggup menciptkan kawah seindah ini yang dari dalam bumi mengeluarkan belerang panas. Kebahagiaan terpancar dari mata setiap orang yang menjejakkan kakinya di sana, udara yang sejuk serta sukacita mendalam tak dapat disembunyikan insan-insan ini dalam waktu lama.

Sayang, selain tenaga yang kurang, kaki pun berasa mau patah. Puncak 2 kali lagi dari perjalanan ke sana… Semoga suatu hari nanti bersama dengan abang dan teman-teman semua bisa sampa di puncaknya…
Banyak hal yang bisa dipelajari ketika menjejakkan kaki selangkah demi selangkah di atas bebatuan licin akibat hujan yang memperlambat waktu kami tiba di kawah itu…
Ya, setidaknya aku mengerti ketika hidup keras pada kita, kita harus lebih keras sama hidup, biar hidup itu jadi lembek sama kita. Dan ketika kau ingin berhenti, perhatikan selalu saja ada orang yang ‘kan mendorongmu untuk terus maju sesukar apapun hidup ini. Selain itu, kini aku mengerti mengapa abangku yang paling gendut satu dunia ini beserta dengan banyak teman-teman yang rela buat repotin diri mendaki gunung hanya untuk bisa melihat pesona ciptaan Tuhan yang satu ini. Aku ingin sekali mendaki ******* setelah banyak targetku tercapai nanti, suatu saat dengan keluargaku… Karena dengan mendaki, kau mengerti perjuangan akan hidup ini yang sesungguhnya.
~baru dipublish~

Tuhan Yesus Memberkati 🙂181293_3204606811881_1086729504_n

2 hari bersama mereka..

Hai wordpress, dah 2 hari gak ketemu nih.. seriusan, 2 hari ini cukup mengesankan, sangat sekali.. ga tau mau cerita dari mana, tapi yang jelas lama-lama aku tau orang yang benar-benar sayang dan satu visi denganku diantara banyak teman, yang mungkin kami semua terlihat akrab dari luar, tapi hanya ada beberapa yang benar-benar klop sama aku pribadi.. ini temen-temen cewek loh…. Dan aku juga belajar untuk menilai orang dari hati, bukan dari luar, karena aku kecewa sama seseorang yang aku pikir baik, ternyata merokok!!! OMG, buat apa bakar duit cuy, buat apa?

Oke, aku mulai cerita dari tanggal 9 waktu bangun masih nyantai-nyantai baca novel, makan, dan siangnya dipanggil temen-temen untuk ikut bantu (karena aku mau) buat bunga wisuda buat Danus Pisbut ROHKRIS STIS.. Sesampainya di Rumah C, langsung gunting ucapan, nyusunin berdasarkan abjad dll. Pulang ke rumah sebentar lanjut lagi.. Ga ikut ngerangkai bunga, karena ada Rose (Kan berduri gitu, hehehe :D) dan udah sangat banyak yang kerjainnya.. Oh ya satu hal lagi yang aku pelajari anak-anak ROHKRIS STIS ini kakak-kakak tingkat saya solidaritas dan kepeduliannya tinggi banget (bukan ngbangga-banggain, tapi itu yang aku liat), jadi pekerjaan bisa cepat selesai.. akhirnya dengan sedikit gangguan suara-suara aneh Y, yang mengocok perut kami, kami selesai memvalidkan semua data kartu ucapan jam 1, lalu tidur. Aku ga pulang ke kontrakan, tapi tidur di Kostan C, yang juga kost SKK (Saudara Kelompok Kecil) aku.. Nah, temanku panggil saja Y bliang,”La, mau pake selimut ga?” “Oh, mau.” Kami pun tidur karena sudah amat sangat teramat lelah, nah aku dengar sesuatu waktu tidur, mataku ga sanggup kebuka lagi, aku cuma bisa dengar suara Y,”Kau tidur di sini aja nov.. Biar aku pindah.”,ujar Y. OMG dia baik banget, jadinya dia pindah tidur ke kursi di ruang tamu.. pantes waktu aku buka mata sebentar udah ganti orang yang di sampingku.. untung bukan hantu hehehe 😀 Aku bangun, SKKku udah pergi duluan karena dia tampil paduan suara buatb wisuda dari jam 3 pagi.. luar biasa, kami semua capek banget, tapi masih ada lagi pekerjaan besar yaitu membagikan bunga wisuda tersebut…

Setelah berpenampilan feminin untuk sekali-sekali :), kami pergi ke kampus dan saya kebagian tugas buat kasih ke kakak ROHIS, satu aku kenal orangnya karna dia seniorku di SES, satu lagi aku ga tau orangnya, akhirnya setelah berkenal ke setiap sisi audit, aku ketemu juga sama kakak itu. Dan akhirnya bisa foto-foto sama keluarga asuh, IMASSU, temen-temen dll. Suasana wisuda itu begitu luar biasa, semua orang terlihat bahagia… ga kebayang apa aja yang udah mereka lewatin 4 tahun ini, apa mereka nangis? semua perjuangan itu dah kayak nano-nano aja deh pasti… Beberapa kakak tingkat ada yang pacaran dan mereka udah saling mengenalkan orangtua gitu, ada juga sih yang ga ada pendamping wisudanya hehehe. Kalo aku pribadi sih, yah yang mana yang terbaik dari Tuhan ajalah.. loh? Silahkan abaikan kalimat sebelumnya.. Intermezzo.. Semoga aja tepat 3 tahun lagi, aku menyusul mereka… 3 tahun itu ga terasa pasti, makanya aku ga akan melewatkan hal-hal yang bisa dilalui bersama.. Terkhusus orang-orang yang bersama denganku 2 hari ini, terlalu banyak yang kita tau, terlalu banyak hal konyol dari diri kita yang aku ga bisa lupakan begitu aja, kalian bukan teman bagiku, kalian bagiku adalah kakak dari bapak ibu yang berbeda.. Aku berharap sekelas kalian Tingkat-tingkat selanjutnya, biar bisa belajar bareng, ketawa bareng dan cie cie bareng.. Kok jadi curhat ya?
Kami pulang dan di tengah jalan beli semangka kuning dan makan bersama, kami ganti sepatu ke kontrakanku sebentar dan ternyata bocah-bocah sudah menghabiskan semangkanya, tapi aku senang melihat mereka bahagia dan tertawa.. Udah jadi tradisi buat cie-cie in orang, tapi sama sekali ga ada apa-apa.. Kami pergi ke kalibata buat makan, Rp8500 kalo bawa KTM, dan konyolnya Y ga bawa KTMnya padahal daritadi N udah ngingetin, jadi dia bayar Rp22.500 deh.. Saking hausnya es batu pun kami makan, dasar ya…
Jalan-jalan niat cuma mau beli minum, taunya ga jadi, aku beli puding.. Liat-liat sepatu dan ga niat beli pasti.. Lagi mengatur dan menjaga batin supaya ga konsumtif… Tiba-tiba temen saya R mau pulang karena mau nonton Serambi Jazz sama temen-temen yg lain, ternyata gratis, bolehlah, lagian lagi libur juga.. kami langsung meluncur ke sana.. dan ada Gong yang letaknya dekat banget sama toilet, Gong itupun berbunyi, kirain 2 temen kami yang ke toilet kurang kerjaan mukul itu Gong, ternyata itu tanda kalo kita udah boleh masuk.. Kami ketawa sampe sakit perut gara-gara Gong itu.. Kami masuk dan dapat tempat duduk nomor 4 dari depan pas banget di tengah, tiba-tiba datanglah para pecinta dan expert Jazz yang salah satunya kak R, dia setahun di atas aku dan dia jago banget main biolanya.. hampir sebaris bangku itu anak Statistik semua.. Yang jelas bagian yang paling aku inget waktu mereka naikin nada do-do dan itu ganti-ganti alat musik, sumpah, seriusan itu keren banget… kita dituntut untuk bisa tau dan peka suara nada itu dari alat musik yang mana.. belum lagi dia sejenak, aku kira saxophonenya yang mau dimainin pertama kali ternyata drumnya keras banget dan buat semua orang mau terbang dari tempat duduknya masing-masing apalagi temanku si E, yang udah mau terbang.. semua orang ketawa dan kaget karena ga nyangka itu dari drum.. Ya, aku seneng banget bisa nonton Jazz bareng temen-temen, meskipun aku lebih suka Jazz yang lebih lembut dan dominan di Saxophone atau Contrabassnya, keren banget yang mainin semua alat musik itu kemaren.

Tapi, aku masih bingung kata Y sama aku. “La, kau suka Jazz? Berarti kau udah mulai tua…” Hah, apa iya gitu? emang sih SMP, SMA, gak pernah terbersit suka Jazz, paling suka denger instrumen saxophone doang, tapi yang jelas aku tau kalo aku emang udah mulai suka Jazz dari waktu yang aku sendiri lupa kapan itu…

Terimakasih teman-teman terbaik.. 2 Hari ini begitu mengesankan buatku, kalian udah seperti SKKku sendiri.. Mungkin aku tidak bisa berkata banyak, tapi kekonyolan yang kita lakukan selalu membuatku tersenyum tiba-tiba karena ku ingat kalian.. Bisakah kita sebulan sekali kayak gitu lagi? 🙂 Tuhan memberkati, Kita wisuda 2016!!! Amin.

Semoga siapapun kalian yang baca bisa terinspirasi untuk menyayangi teman-teman kalian dan jadi orang yang penuh kasih lagi buat banyak orang..