Bonus Demografi dan Manfaat Ekonomi (Wideshot on MetroTV Today)

Pasti pada bingung kan? Apa sih Bonus Demografi itu? Trus, apa dong hubungannya dengan Manfaat Ekonomi?
Nah, saat ini, Indonesia sedang mengalami yang namanya Bonus Demografi, yaitu Suatu keadaan dimana jauh lebih banyak penduduk yang berusia produktif dibandingkan dengan penduduk yang berusia tidak produktif. Keadaan ini, sudah mulai berlangsung sejak tahun 2000 dimana Depedency ratio mulai turun dan akan berlangsung sampai tahun 2030, maksimal 2035. Ini merupakan suatu hal yang menyenangkan bagi Indonesia dan juga Korea, Thailand dll yang sedang mengalaminya sekarang. Tentu, hal ini menyenangkan karena 2 orang usia produktif menanggung beban 1 orang tidak berusia produktif, bahkan bisa bertambah lagi menjadi 3 dst. Dan satu hal yang menarik dan patut disyukuri bahwa Bonus Demografi ini sendiri hanya terjadi sekali dalam berratus-ratus tahun. Ini adalah fenomena/kejadian yang menarik bukan?

Bonus Demografi itu juga menciptakan banyak manfaat bagi segala sektor yang ada di Indonesia. Salah satunya yang akan dibahas di sini adalah manfaat ekonomi. Dengan banyaknya penduduk yang berusia produktif, seharusnya tingkat ekonomi kita bisa meningkat karena didukung dengan baik. Namun, masih banyak penduduk yang berpendidikan rendah dan tidak mempunya keterampilan yang cukup, sehingga tidak bisa memaksimalkan Sumber daya manusia yang ada. Sayang sekali, di tengah bonus demografi jika Pemerintah tidak segera bergerak untuk membantu mengembangkan keterampilan penduduk berpendidikan rendah yang usianya adalah angkatan kerja. Belum lagi masih sangat banyak anak-anak yang belum mengenyam pendidikan dengan baik (RATA-RATA MASIH TAMAT SD ATAU SMP SAJA).

Langkah-langkah yang bisa diambil oleh pemerintah adalah:
1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menyediakan pendidikan gratis bagi penduduk usia sekolah sampai SMA, Bahkan Kuliah sama seperti di Jerman šŸ™‚ Bagi penduduk berpendidikan rendah, di usia produktif, pemerintah harus segera memberikan keterampilan bagi mereka. Dan sektor Industrilah yang sangat penting dalam memegang peranan ini. Karena banyak bantuan Sektor Industri bagi Tenaga kerja.

2. Meningkatkan produktivitas. Dalam arti masih banyak sekali penduduk Indonesia yang bekerja namun berpenghasilan rendah, atau bekerja tanpa upah, sehingga tidak bisa mengembangkan talenta/sumber daya/kemampuan bagi anak-anak mereka. Pemerintah harus memberi upah yang cukup, sehingga pekerja dan keluarganya bisa hidup sejahtera. Yang diharapkan juga bagi Pemerintah berhubungan dengan Pendidikan yaitu membuka/mendukung dengan semakin lebar perguruan tinggi yang langsung menempatkan mahasiwa/inya untuk langsung bekerja, mengingat lulusan PTN, bahkan PTN ternama saja berlomba-lomba untuk jadi PNS (Kata narasumbernya).

3. Membuka akses tabungan bagi para penduduk untuk menjamin hari tua mereka.

4. Terus jalankan program KB supaya tidak terjadi ledakan penduduk.

Semoga saja, dengan ini, Indonesia bisa berhasil memanfaatkan waktu Bonus Demografi ini dengan baik sehingga membawa banyak manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh seluruh penduduk Indonesia dan keberhasilan seperti China.

Demikian semoga bermanfaat menambah wawasan kalo negara ini lagi Bonus Demografi loh šŸ˜€ šŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s