Ngajar itu gak gampang mbak bro…

Tadi selesai saya mandi, tiba-tiba tetangga saya yang kembar dan masih kelas 6 SD itu mau minta ajarin matematika sama mama, Tapi karena dia sibuk, saya deh yang di suruh. Pertama saya gusar dan kurang ikhlas karena asli banget saya belum sisiran, masih kucel lah, rambut kuncirannya juga kagak jelas, tapi saya gak suka membuat orang menunggu, apalagi itu adek-adek niatnya baik buat belajar dan mereka bukan nyodorin PR mereka buat saya kerjain, tapi emang beneran pengen latihan aja.

Si abangnya sih pinter banget, mereka sekarang kelas 6 SD, tapi pelajarannya pelajaran fisika saya kelas 1 SMP soal konversi-konversi gitu.Buat abang 4 jempol deh matematikanya, saya cuma ngarahin sedikit buat soal yang rada rumit. Tapi, kalau si adeknya kurang, mungkin dia ga suka matematika kali ya.. Saya harus sabar dalam menghadapi kecepatan mereka yang cukup senjang, dan bersabar untuk tidak mengeluarkan kata-kata yang merendahkan, seperti:”Kamu lelet banget sih!” atau “Kamu kok beda jauh ya.”

So, kalau ada orang yang sepele dengan guru, mereka boleh juga tuh disiram air parit. Karena jadi guru tuh ga gampang loh. Mereka harus sabar menanti muridnya yang lelet mikir (Telmi).
Saya jadi inget gimana sabarnya guru les matematika saya waktu SMA ngajarin saya dan temen saya yang satu orang lagi. Soal hitungan dia mah lebih jago dan cepat banget. Kalo saya masih di tengah jalan, dia udah nemu aja jawabannya, dia sekarang di FK USU. Orangnya seru, baik, dan kegilaan kami sama, hehehe :v

Jadi jangan pernah sepelekan guru, karena selain mereka itu pahlawan tanpa tanda jasa yang mencerdaskan bangsa, mereka juga adalah sosok-sosok yang paling sabar dan lembut daripada profesi-profesi lain di dunia ini. Itu sih pandangan saya mengenai guru.

Leave a Reply

